08 May 2024

Pengabdian Kepada Masyarakat “Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Guru Bahasa Arab MTS Kabupaten Klaten”

Rabu, 08 Mei 2024 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah Universitas Raden Mas Said Surakarta menggelar Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi bagi Guru Bahasa Arab MTs seKabupaten Klaten yang dihadiri oleh guru-guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab MTS di kabupaten Klaten.

Hadir sebagai narasumber yakni Ibu Anisatul Barokah, M.Pd.I., M.Pd. selaku  koordinator progam studi Pendidikan Bahasa Arab, Drs. Sukirman, M.Ag., Dr. H. Saiful Islam, M.Ag., dan Ibu Luthfi Qariatul Hasanah, M.Pd.I. Program pendampingan ini dihadiri oleh guru Bahasa arab MTS kabupaten Klaten yang membahas penyusunan modul ajar berdiferensiasi.

Acara dimulai pukul 09.00 yang diawali dengan sambutan kepala sekolah MTS Al-Manshur Popongan 1 dengan memberikan pengantar tentang penyusunan modul ajar Bahasa arab yang berdiferensiasi dan juga membahas kegiatan penjadwalan pembuatan soal PAS Bahasa arab kepada seluruh guru Bahasa arab MTS kabupaten Klaten.

Dilanjutkan sambutan oleh Koordinator Program Studi PBA Ibu Anisatul Barokah, M.Pd.I., M.Pd, sekaligus ketua tim PkM, menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala Madrasah MTs Popongan Klaten, serta bapak Mashuri selaku ketua MGMP bahasa Arab, telah Nerimama tim PkM PBA dengan sambutan yang sangat baik.
Luthfi Qoriatul Hasanah, M.Pd.I. selaku moderator acara memberikan pengantar tentang pembelajaran berdiferensiasi, yakni bahwa pada saat guru hendak menyampaikan materi Bahasa arab maka seyogyanya terlebih dahulu guru harus mengenal karakter masing-masing peserta didik dilihat dari kesiapan belajar, latar belakang pengetahuan, serta gaya belajar siswa, agar nantinya guru dapat menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik masing-masing siswa tersebut.

Sesi pertama pemaparan materi oleh Dr. H. Saiful Islam, M.Ag. menyampaikan pengantar atau pendahuluan dengan judul pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka dan salah satu aspek penting dalam kurikulum Merdeka adalah pembelajaran berdiferensiasi, yang mengetahui perbedaan individual siswa dan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Memiliki tujuan utama dari pembelajaran berdiferensiasi  yaitu untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat mencapai potensi maksimal mereka dan merasa termotivasi dalam belajar. Dan salah satu penerapan pembelajarannya adalah dengan memberikan pilihan pada siswa dalam memilih materi pembelajaran. siswa diberikan kebebasan untuk memilih topik yang mereka minati dan ingin pelajari lebih lanjut.

Sesi selanjutnya pemaparan materi oleh bapak Drs. Sukirman, M.Ag.menyampaikan tentang cara menyusun modul ajar yang memuat pembelajaran berdiferensiasi. Ada kompetensi yang dimiliki sebagai guru Bahasa arab yang pertama al-kifayah al-lughowiyyah, yang kedua al-kifayah at-tarbawiyyah wa mihniyyah, dan yang ketiga al-kifayah tsaqofiyyah. Siklus pembelajaran terdiri dari kurikulum, pembelajaran, dan asesmen, ini bisa berubah sesuai kebutuhan zaman. Di dalam kurikulum ada tujuan pembelajaran dan mempunyai nilai ciri khas sebagai bangsa Indonesia yaitu profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatal lil ‘alamin. Penyusunan perencanaan pembelajaran itu harus melakukan asesmen awal guna mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta dan melalukan diferensiasi pembelajaran.
 

Pengabdian Kepada Masyarakat “Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Bagi Guru Bahasa Arab MTS Kabupaten Klaten”